Selasa, 22 November 2016

Cara menggunakan printer

Sumber : www.plimbi.com


Kebanyakan rumah tangga telah menggunakan printer pada kehidupan sehari-harinya. Tentu saja, jika Anda tidak mempunyi prinetr, paling tidak Anda pernah berurusan dengan perangkat elektronik yang satu ini. Cara menggunakan printer sepertinya memang terlihat sederhana, tapi tetap membutuhkan teknik tersendiri supaya printer dapat tetap bekerja optimal dengan life time yang cukup panjang. Apa rahasianya?

Proses Instalasi

Jika Anda baru membeli printer dan hendak memasangnya pada PC, pastikan bahwa Printer Anda telah dilengkapi dengan CD installer drivernya. Driver printer ini tersedia online dari situs resmi produsennya, jadi Anda tidak perlu khawatir jika suatu saat CD driver ini hilang atau rusak. Langkah pertama pada tutorial cara menggunakan printer yang baik adalah menginstall drivernya terlebih dahulu dari CD yang Anda dapatkan pada saat membeli printer.


 
Proses instalasi biasanya berjalan dengan lancar dan tidak memerlukan berbagai pengaturan yang rumit, kecuali jika Anda memilih custom setting dan melakukan beberapa perubahan setting pada saat instalasi. Namun jika Anda menginstall driver dengan setting recommended, maka proses ini seharusnya tidak terlalu menyulitkan.

Penggunaan

Setelah proses instalasi selesai dilakukan, langkah berikutnya dalam tutorial cara menggunakan printer ini adalah menghubungkannya dengan perangkat PC Anda. Anda akan mendapatkan kabel penghubung antara printer dengan PC, yang ujungnya merupakan konektor USB. Hubungkan printer pada PC Anda, dan tunggu sampai printer tersebut terdeteksi oleh sistem.

Proses Instalasi selesai. Jika Anda ingin, Anda dapat melakukan proses print dari sebuah file. Cara menggunakan printer dari aplikasi sangat mudah, Anda tinggal mencari icon print atau pergi ke menu File - Print. Akan ada pop up window yang akan muncul, biasanya berisikan tentang opsi dari printer dan setting gambarnya. Sederhana, Anda tinggal memilih beberapa hal sesuai dengan keinginan dan kebutuhan. Beberapa opsi yang dapat diubah dari menu print pada aplikasi ini kebanyakan adalah:

Ukuran dan jenis kertas yang digunakan

Kualitas gambar dan pewarnaannya

Bagaimana file akan diprint, apakah dari awal ke akhir atau dari akhir ke awal

Pemilihan halaman tertentu yang akan di-print

Pada tahap ini, Anda juga dapat melihat berbagai keterangan tambahan, seperti jumlah tinta yang tersisa pada cartridge. Namun jika Anda baru membeli printer dan baru mengisi tintanya, Anda tidak perlu khawatir akan kehabisan tinta.

Cara menggunakan printer pada PC pribadi memang mudah. Anda dapat mengaktifkan sebuah printer, tanpa kesulitan yang berarti. Namun bagaimana jika Anda ingin melakukan proses share terhadap sebuah printer untuk beberapa user pada PC yang berbeda?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar